Senin, 06 Februari 2012

proses akad nikah(laporan/tehnik penilaian kinerja )

ORANG-ORANG YANG TERLIBAT DALAM PROSES AKAD NIKAH
Nama Mempelai 1. Laki-Laki               : Firmansyah Bin Rasyid
                               2. Perempuan           : Afriani Sri Astuti Binti Sipahutar
Nama Orang Tua/Wali                          : Farsaulian Sipahutar
Nama Qodhi                                             : Drs.Adlan Sirait
Nama Saksi 1.                                          : Ir. Syaukani lubis, M.T
         2.                                           : Zulkifli Ma
Mahar                                                        : Seperangkat Alat Salat Dan
          Sepuluh Gram Emas Putih (gelang)
Tempat                                     : Jl. Mata Hari Raya.Beringin 08,

No 88, Helvetia, Medan
Hari/Tgl                                                :  minggu, 18 Desember 2011
Jam                                                      : 09.00 Pagi
Tilawah al-Quran                                  : Farid wirda
Penasehat/Do’a                                    :Drs. Adlan Sirait






PROSES AKAD NIKAH
Sebagaimana yang tertera dalam undangan bahwa akad nikah akan dimulai jam 09.000 wib pagi hari. Sebagaian tamu yang diundang sudah berada dalam ruangan tegah rumah pak Pahutar menunggu dengan setianya acara dimulai.  Pada jam 08.000 wib mempelai laki-laki sudah hadir ditempat bersama keluarganya yang baru dating dari penginapan(hotel) yang kebetulan mempelai laki-laki sendiri berasal dari jakarta. Para tamu makin lama makin banyak sehingga ruang tengahpun penuh sebagaian ada yang diluar. Kira-kira pada jam 8.500 wib pak Qadhi sudah sampi ditempat acara dengan memakai jaz hitamnya, dengan gagahnya diamengucapkan as-salamu ‘alaikum para tamupun serontak mejawab wa’alakum salam.  Lalu pak Qadhipun dipersilahkan duduk  pada tempat yang telah disediakan yang posisinya ditegah-tegah tamu.
Tidak berselang berapa lama acara dimulai kira-kira jam 9.100 wib, yang  dipimpin oleh Pak Rahim pertama acara dimulai dengan membaca ayat suci al-Qur’an yang dibawakan oleh Farid wirda dengan surat an-Nisya’ ayat 1-10, dengan suara yang merdunya membuat para tamu diam serentak mendengarkan lantunan ayat suci tersebut. setelah habis itu baru acara akad nikah, yang dipmpin oleh pak Qadhi, sebum dimulai akad nikah pak Qadhi mengajari bagaimana lafaz  qabul yang shah, agar nantinya lancar tampa ada pengulangan karena tidak sah kat saksi. Mempelaipun dengan seksam menghayati apa yang dilafazkan oleh pak Qadhi. Stelah mempelai berulang kali melafazkan apa yang diucapkan pak Qadhi.
Kemudian mempelai ditanyakin “sudah siapa kita mulai” mempelai menjawab “siap Pak”.Acara yang paling ditunggu-tunggupun dimulai para tamu pun serontantak dengan semangat melihat kedepan semunya. Pertama pak Qadhi membaca “basmalah” lalu lafaz akad nikah “saya nikahkan kepadamu Afriani Sri Astuti binti Farsaulian Sipahutar dengan mahar seperangkat alat solat dan sepuluh gram  emas putih dibayar tunai” mempelai menjawab “saya terima nikah dan kawinya Afrina Sri Astuti binti Farsaulian  Sipahutar dengan maharseperangkat alat salat dan sepuluh gram emas dibayar tunai” tampa pikir panjang para saksi menjawab “sah” habis saya lihat keluarga dari mempelai laki-laki bersama ibunya  mempeli perempun pergi kekamar membawa mahar, sebab mempelai perempuan sengaja disuruh berada dalam menuggu habis akad nikah baru boleh keluar. Setelah diserahkan mempelai pun keluar bersama-sama. Kemudian kak Afriana disuruh duduk disamping suaminya. Pak Qadhi pun mulai menasehati merea berdua dengan panjang lebar.
Habis acara nasehat kemudian dilanjutkan acara pembacaan takliq nikah pertma dibaca suami lalu istri. Lepas itu baru acara do’a yang dipimpin oleh pak Qadhi. Kemudian acara ditutup oleh protocol dengan ucapan “hamdalah” acara berahir pada jam 11.20 wib kemudian para tamu disuruh mencicipi hidangan yang telah disiapkan diteras rumah.

  
       
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar